Header Ads

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI

Oleh: Laurensia Lio, S.Pd., SD
Guru SDI Kamalaputi, Sumba Timur

            Berbicara tentang prestasi siswa tidak terlepas dari bagaimana siswa itu belajar. Belajar adalah suatu proses perubahan pada diri manusia dari tidak tau menjadi mengetahui (Surahmad 1986;17). Karenanya menurut para ahli, belajar merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses pendidikan. Bahkan dalam berbagai hal, belajar memainkan peran utama. Tanpa belajar, tidak akan pernah ada perubahan dan kemajuan.
Selain belajar, minat peserta didik turut memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Harlock dalam Heralestari dkk, 2017). Anak yang berminat terhadap suatu mata pelajaran akan belajar dan berusaha agar mendapat nilai yang lebih baik. Sebaliknya siswa yang yang kurang atau tidak menyukai suatu mata pelajaran kurang berusaha dalam belajar.
            Namun tidak demikian halnya dengan proses belajar mengajar yang penulis alami. Setelah dievaluasi setiap akhir materi pelajaran diketahui masih ada beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM. Berkaitan dengan hal tersebut, saya menemukan beberapa faktor penyebab permasalahan bagi peserta didik. Pertama, ada anak yang kurang perhatian pada materi pelajaran yang sedang kita sajikan. Kedua, suasana kelas yang sangat gaduh saat proses belajar mengajar berlangsung. Dengan tidak adanya perhatian yang serius saat proses belajar berlangsung, ditambah suasana kelas yang terkadang gaduh, pada akhirnya bermuara pada pekerjaan rumah (PR), dan evaluasi akhir yang tidak tuntas.
            Menghadapi situasi seperti di atas, tentu kita mengharapkan solusi yang melibatkan berbagai pihak, termasuk orangtua dan tentunya pribadi siswa itu sendiri. Namun dalam konteks pembelajaran di kelas (sekolah), sosok sentralnya adalah guru. Guru perlu mencari cara yang terbaik agar siswa berminat mempelajari pelajaran yang ada. Sedapat mungkin guru menciptakan suasana agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Sejauh pengalaman saya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Pertama, cara mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yg berkenaan dg bahan pelajaran. Syaiful Bahri Djamarah (dalam Rahmawati, 2012). Dengan menggunakan metode demonstrasi perhatian siswa dpt lebih dipusatkan. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa (Daradjat, dalam Rahmawati, 2012). Membantu anak didik memahami dengan jelas suatu proses atau kerja suatu benda.
Kedua, memberikan motivasi kepada siswa misalnya berupa kata-kata pujian ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan tertentu. Hal sederhana seperti ini dapat membangkitkan minat belajar siswa, dan tujuan akhir pembelajaran bisa tercapai. Motivasi guru menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Ketiga, memberikan bimbingan dan tugas secara khusus pada anak didik yang mengalami kesulitan belajar. Hal ini bisa dilakukan di luar jam pelajaran. Dengan demikian anak merasa ada perhatian dari guru, dan minat belajarnya pun tentu akan meningkat.
            Keempat, melakukan pendekatan dengan pihak orangtua agar anak tersebut dipantau, dibantu oleh orangtua atau keluarga pada saat belajar di rumah. Dalam hal ini anak dapat merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh orangtuanya di rumah selain perhatia dari guru di sekolah. Dengan demikian anak termotivasi untuk terus belajar.
            Selain beberapa solusi di atas, diharapkan agar pribadi anak itu sendiri juga memiliki niat untuk bangkit, mau belajar dengan giat dan tekun. Bila ketiga pihak (siswa, guru di sekolah, dan orangtua di rumah) tersebut sudah saling mendukung atau bekeja sama, penulis yakin anak tersebut menjadi anak yang rajin dan tekun belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

            Demikian sedikit pengalaman dan pemikiran yang bisa penulis bagikan kepada pembaca khususnya teman-teman guru. Penulis berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar.(*)

Sumber: arsip Media Pendidikan Cakrawala NTT

Tidak ada komentar